belajar bisa dimana aja

Curhat Seorang Bapak kepada Supir Angkot
(Bagi-bagi rejeki itu membuat uang gampang masuk)


Judul diatas gw ambil dari perkataan seorang bapak
Yang ga sengaja ketemu di angkot jurusan kalapa - dago
Bapak itu ngobrol sama tukang angkotnya
Karena gw duduk tepat di belakang pak sopir
Otomatis, gw ngedenger apa yang mereka berdua omongin

Dari pengalaman ini, juga dapet pencerahan
Bahwa kita bisa belajar dimana aja
Terus ya, kaya harta itu belum tentu membuat kita bahagia (dalam hidup)
Jadi penjabaran ceritanya akan ada di bawah ini
Silakan disimak

Jumat sore, bandung seperti biasa dingin
Gw dari gramedia yang di BIP mau ke kosan temen (adanya di Dago Asri)
Untuk nginep
Hhaha, ngirit ongkos
Kan guna tuh untuk hal yang lain
Karena teman gw itu gabisa jemput, akhirnya gw kesana dengan angkot
Biasanya gw kalo naik angkot di samping supir
Tapi karena udah diisi oleh bapak tadi, gw akhirnya duduk di belakangnya pak sopir
Saat jalan masih lancar, obrolan itu belum terjadi
Sampai jalanan macet di sekitar simpang dago
Si bapak nelpon temenya, dan menanyakan keadaanya
Dari gaya bahasanya, gw kagum
Ga biasa. Dia pake kosakata yang baku
Wooow, jarang-jarang kan nih hari gini
Ada yang pake bahasa baku

Obrolan pertama diawali oleh pertanyaan si bapak
Si Bapak : pak sopir, kenapa sih di sekitar simpang dago sini selalu macet

Pak Sopir : iya nih pak, pasti kaya gini, soalnya laulintasnya padet pak

SB : saya gaenak nih pak dengan teman saya
soalnya saya sudah janji ketemu sama dia dan harus tepat waktu
saya lama tinggal di eropa daripada d bandung
Jadinya saya malu nih kalau nanti ga tepat waktu

PS : …………….(diem aja), (asumsi gw dia bingung mau naggepin apa)
wah, gitu ya pak. Ya mudahan aja bapak ga telat ya

SB : iya deh, usahain cepat ya pak
owiya, bapak punya saudara atau teman yang mau di orbitkan ke eropa
tapi usia maksimal 25 tahun ya pak
saya ini banyak ngirim orang ke eropa untuk bekerja
tapi setelah berhasil banyak yang lupa tapi ngga sedikit juga yang inget saya
saya sih yakin kalau mereka yang lupa itu nanti akan kena karmanya ya pak

PS : wah ga ada tuh pak, adanya 30 tahun, berarti kan udah gabisa ya pak

SB : iya pak, sayang banget, umurnya sudah gabisa

Ga lama, mulai deh obrolan curhatan si bapak nih
Dengan bertanya tentang keluarga si sopir angkot

SB : bapak punya anak pak?

PS : punya pak, satu. Memangnya kenapa ya pak?

SB : bapak percaya ngga, kalau bapak itu lebih bahagia daripada saya

PS : wah masa iya si pak
kan kalau soal uang bapak pasti lebih banyak dari saya

SB : iya, tapi bapak tahu
saya ini ngga punya anak dan istri saya belum lama meninggal
karena kanker rahim
saya di bandung tinggal seorang diri pak
istri saya sudah saya bawa ke dokter terbaik yang ada di dunia
tetapi takdir berkata lain pak
memang dia sudah tidak bisa ditolong dan waktunya sudah dekat
saya hanya bisa menerimanya dengan lapang dada
kalau bisa pak, saya rela menukar semua harta saya dengan kebahagiaan seperti yang bapak dapat dengan keluarga bapak

Belliau sambil mengeluarkan dompetnya dan menunjukkan semua isinya

SB : bapak kalau mau ini semua saya rela, saya taruh di angkot bapak
saya sering membagikan uang
karena bagi-bagi rejeki itu membuat uang gampang masuk pak…
PS : …………………… (diam dan tersenyum seadanya)

Gw yang ada di belakangnya malahan yang bingung
Hhaha, kalo gw berani tadi mah gw nyeletuk aja

"om om, saya aja deh om yang om sekolahin ke eropa, hhehe
Kalau ngga di bandung aja juga boleh deh, kalo ngga diangkat anak aja deh, hhehehe"

Kalo hoki gw dibayarin beneran, tapi kalo ngga
Gw diusir kali dari tuh angkot
Hhaha
Gara-gara nyela pembicaraan orang lain
Angkot sudah sampai di dago asri
Dan gw harus turun, sayang sekali
gw berhenti belajar di angkot itu…

Terimakasih ya si bapak, pak sopir angkot..

Bandung, 29 mei 2009

0 komentar: